Monday, March 13, 2006 | 5:11 PM

Test Masuk TK


Ada yang masih inget nggak dulu pas masuk TK harus test apa enggak? Perasaan enggak ya. Apa cuma TK saya yang nggak pake test? Hehehe.. Maklum TK di daerah soalnya. Tapi kayaknya jaman dulu nggak ada test masuk TK deh ya.. Kalo test masuk Universitas ya ada. Masuk SD aja bekalnya cuma ijasah TK. Masuk SMP, bekal ijasah SD. Masuk SMA bekal ijasah SMP.

Kurikulum TK saat ini seperti apa sih? Saya beneran blank dan nggak punya gambaran sama sekali. Beberapa waktu lalu saya mampir ke Gramedia untuk cari buku apa aja yang dipelajari di TK A dan TK B. Isinya so far gampang-gampang aja. Akila 70% tau lah.

Oh ya.. Rencana tahun ajaran baru ini Akila mau saya masukan langsung ke TK B. Nggak usah pake TK A segala. Tanggal lahirnya nanggung banget sih.. (Akila lahir Desember). Saya nggak mau dia jadi yang paling tua di kelas. Nggak mau buang-buang umur juga. So.. Minggu lalu saya daftarin dia ke TK Pembangunan Jaya di Bintaro. Pertimbangan lain dia nggak usah TK A juga karena dia udah sekolah dari usia 10bulan. Terakhir sekolah dia di PG sih.. Tapi kayaknya dia udah mampu lah untuk duduk di TK B.

Setelah 3 minggu yang lalu beli formulir (formulir aja mahal.. hiks..), ternyata Akila harus test masuk TK. Sabtu kemaren jadi dia test. Menurut Mas-mas yang jaga di ruang tata usaha, test-nya cuma ngobrol-ngobrol aja. Saya dan suami udah wanti-wanti ngajarin Akila untuk merespon semua apa perkataan guru. Kalo disuruh nyanyi harus nyanyi. Suami malah sempet ngajarin perhitungan tambahan, ngetest bahasa Inggris, dan nulis.

Sabtu lalu waktu untuk Akila test akhirnya tiba.. Test di mulai jam 09.00. Sampai disana kita langsung disambut sama Mas-mas yang waktu itu di ruang tata usaha. Akila langsung dikasih name tag dan disuruh masuk ke library. Ternyata satu anak akan di test oleh satu guru. Saya sama suami cuma bisa nunggu dan liat dari jendela aja. Pembicaraan mereka juga saya nggak bisa denger. Baru 15 menit gurunya keluar dan ngasih form yg harus saya isi. Pas saya baca kop surat formulirnya ternyata dari satu yayasan khusus penyelenggara test IQ. Akhirnya saya masuk ke ruang tempat Akila test untuk balikin form. Pas disana, yg nge-test lagi nanya Akila gini.. Matahari terbit disebelah mana Akila.. Saya langsung shock soalnya terus terang saya belum ngajarin Akila sampe ke sana. Lah.. siapa juga yang ngira masuk TK akan ditanyain kayak gitu.. Saya yakin Akila nggak tau jawabannya. Saya sama suami langsung down dan nggak yakin kalo Akila akan lulus dlm test ini. Pokoknya pasrah aja. Lulus Puji Tuhan, nggak lulus nggak papa.

Saya akhirnya ngintip test apa aja yang Akila harus lakukan. Ternyata nggak cuma pengetahuan umum dan ilmiah aja. Ada test gambar, nyusun balok-balok, nyusun warna-warna, dan lain sebagainya.
Udah satu jam beralalu dan Akila masih test.. Buset.. Kasian banget sih.. Dia udah mulai nengok-nongok ke arah saya dan suami. Akhirnya saya tawarin dia untuk break minum. Setelah minum dia sudah nggak konsentrasi lagi dan minta untuk main ayunan. Waks.. siang panas bolong main ayunan.. Suami saya bilang daripada dia nggak mau test lagi mendingan dia main ayunan dulu. Nggak taunya gurunya ngikutin Akila main ayunan sambil tanya beberapa gambar dan pertanyaan. Judulnya test pindah ke ayunan selama 10 menit. Setelah ayunan, dia masih harus balik lagi ke library untuk test gambar. Akilanya sih masih mau test tapi kayaknya dia masih berat pengen main ayunan.

Puji Tuhan.. Akila akhirnya berhasil menjalani test selama 2 jam. Beberapa anak sudah nyerah di tengah-tengah test. Beberapa malah nangis-nangis, teriak-teriak, minta pulang, dan seenaknya aja keluar ruangan. Ada juga yang akhirnya nangis karena diuber-uber sama mama papanya. Saya pribadi sih ngeliatnya kasian. Anak 4 th disuruh test seberat dan selama itu.
Doain ya supaya Akila lulus dan langsung ke TK B.


Image hosted by Photobucket.com

7 comments